fbpx

Fakta dan Cara Mengatasi Kebotakan Dini Usia 20-30 Tahun

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
botak web
Kebotakan (Sumber: Pexels)

DAFTAR ISI

Fakta yang terjadi pada usia 20-30 tahun sudah ada yang mengalami kebotakan merupakan hal yang diluar dugaan. Akan tetapi untuk masa saat ini sudah menjadi hal yang umum. Baik pria atau Wanita bisa mengalami hal tersebut. Oleh karena itu tulisan ini berniat memberikan informasi penyebab terjadinya kebotakan dini dan bagaimana cara mengatasinya.

Menurut Dr. Marie Valentine SpBP, dokter spesialis bedah plastik di RSKB Bina Estetika, mengatakan bahwa kebotakan terjadi pada 80% pria dan 50% wanita. Biasa kebotakan pada pria terjadi di atas usia 50 tahun. Fakta yang terjadi, kebotakan pria di usia 20 sampai 30 tahun pun sudah terjadi kebotakan dini.

Penyebab Kebotakan

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kebotakan adalah:

  • Memiliki stres berat.
  • Mengalami perubahan hormon.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Pasca pemulihan operasi atau sakit berat.
  • Menjalani terapi radiasi atau kemoterapi.
  • Efek samping obat atau suplemen tertentu.
  • Penggunaan produk perawatan rambut atau penataan rambut dalam gaya tertentu.
  • Kondisi atau penyakit tertentu, seperti kekurangan gizi, sifilis, anemia, gangguan tiroid, dan infeksi jamur di kepala.
Cara Mengatasi Kebotakan Dini

1. Menyisir Rambut secara Lembut

Menyisir rambut adalah aktivitas yang sering kita lakukan. Biasanya tergantung orang, ada yang menyisir secara kasar dan ada yang secara lembut, ketika seseorang menyisir secara kasar dapat menyebabkan rambut rontok yang menghasilkan kebotakan. Pastikan Anda selalu menyisir rambut dengan lembut. Gunakan sisir bergigi jarang untuk mencegah kerusakan pada rambut. Karena ini merupakan salah satu cara pencegahan agar tidak terjadi rambut rontok.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut

nutrisi artikel web
Nutrisi untuk rambut (Sumber: Unsplash)

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut merupakan cara yang kedua untuk memastikan rambut tetap dalam keadaan sehat. Nutrisi yang dapat mencegah kebotakan seperti: Protein, asam lemak omega-3, zat besi, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D yang berfungsi menyuburkan dan menjaga rambut menjadi kuat. Nutrisi ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi daging, ikan, telur, susu, dan kacang kedelai setiap harinya. Maka, konsumsilah juga beragam jenis makanan sehat setiap hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging tanpa lemak, dan gandum utuh.

3. Berhenti Merokok

Aktivitas merokok sudah menjadi hal yang biasa di Indonesia, baik pria atau perempuan, Beberapa ahli mengatakan bahwa pria yang aktif merokok dapat memicu kerontokan rambut, begitu juga dengan perempuan.

4. Mengurangi penggunaan alat penata rambut

alat penata artikel web
Aktivitas menata rambut (Sumber: Unsplash)

Mengurangi penggunaan alat penata rambut seperti meluruskan, pengering rambut, hingga sisir yang bergigi rapat dapat berpeluang besar adanya kerontokan dan kebotakan rambut. Disarankan untuk menghindari penggunaan alat-alat tersebut. Kamu juga perlu hindari melakukan keramas terlalu sering dan menyisir rambut yang masih basah, karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

5. Minum Suplemen

suplemen rambut artikel web
Suplemen untuk rambut (Sumber: Unsplash)

Meminum suplemen bukan hanya untuk kesehatan tubuh, akan tetapi bisa ber-efek pada kesehatan rambut kamu. Mengkonsumsi suplemen rambut bisa menjadi pilihan alternatif mencegah kebotakan pada rambut. Suplemen tersebut akan membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut. Suplemen yang bisa membantu mencegah kerontokan meliputi: Vitamin E, vitamin C, zat besi, vitamin A, Seng, vitamin B, dan jenis suplemen lainnya.

6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Cara ke-6 dapat mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk mencegah terjadinya kebotakan pada rambut. Beberapa jenis obat, seperti minoxidil atau finasteride, juga dapat menjadi cara mengatasi kebotakan rambut. Pengguna tentu harus memiliki saran dari ahli dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat dan meminimalkan resiko karena obat tersebut.

7. Meredakan stres

stress artikel web
Pusing dan stress akibat kerjaan (Sumber: Unsplash)

Stress adalah suatu kondisi dimana seseorang merasakan kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar, atau biasanya memiliki ciri ketegangan. Dengan berdamai dengan situasi dan meredakan stress yang kita miliki dapat ampuh untuk mencegah kerontokan rambut. Stres dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh dan memengaruhi hormon, sehingga menyebabkan kebotakan pada rambut manusia.

8. Melakukan transplantasi rambut

Cara terakhir adalah melakukan transplantasi rambut dengan memindahkan rambut dari area yang subur untuk kemudian ditanamkan ke area yang botak. Ini cara yang sangat instan dan ampuh. Metode ini bersifat permanen dan terlihat alami, tidak ada bedanya seperti rambut normal pada umumnya.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Tinggalkan komentar

© Copyright Website bioherbal.co.id | All rights reserved

id_ID