fbpx

Cara Mudah Mewarnai Rambut dan Mengatasi Rambut Rusak Akibat Diwarnain

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
pexels-warnain-rambut bio
Rambut diwarnain (Sumber: Pexels)

DAFTAR ISI

Tren dalam mewarnai rambut sudah menjadi hal yang lumrah di zaman saat ini bahkan menjadi gaya hidup. Kamu tertarik mencoba mengecat rambut sendiri di rumah aja, tapi takut gagal atau jelek? Berikut petunjuk yang harus kamu ketahui.

Kebanyakan orang akan memilih untuk langsung menuju ke salon, akan tetapi itu mengeluarkan biaya yang lumayan. Sering kali di zaman saat ini orang suka dengan eksperimen sendiri. Mereka merasa bangga ketika bisa membuat suatu hal yang menurut mereka bagus dan itu hanya dirumah aja, terlebih lagi kalau orangnya pemalu jadi gak berani ke salon hanya berani di rumah aja.

Sekarang kamu bisa melakukannya mengecat di rumah dengan sendiri atau meminta bantuan kepada anggota keluargamu.

  1. Pilih warna yang ingin kamu warnai untuk rambut
  2. Gunakan wadah dan kuas
  3. Cuci rambut 2 hari sebelum pewarnaan
  4. Sediakan 2 kotak pewarna rambut

Setalah kamu berhasil mewarnai rambut dengan baik dan benar, tentunya kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat dan mengatasi ketika rambut menjadi rusak akibat diwarnain. Berikut beberapa poin penting yang wajib kamu ketahui:

1. Hindari pengeringan rambut dan alat catok

Kebiasaan menggunakan pengering rambut bisa menjadi suatu hal yang fatal, karena itu bisa membuat rambut kamu menjadi rentang kering, alangkah lebih baik kamu mencoba untuk mengerikan rambut tanpa menggunakan alat tersebut dan sebuah tips juga ketika rambuk basah anda disarankan untuk tidak menggosok-gosokan menggunakan handuk karena itu bisa merusak rambut.

Menggunakan alat catok faktanya emang dapat membuat rambut menjadi rapih dan tertata. Namun terlalu sering menggunakan alat catok menjadi hal yang tidak baik, dapat berujung rambut mudah rusak. Salah satu trik yang diberikan oleh Wood adalah beristirahatlah dari proses penataan rambut yang membutuhkan pemanasan rambut.

2. Perawatan rambut rutin

pexels-perawatan-rambut bio
Perawatan rambut (Sumber: Freepik)

Aktivitas yang padat sering kali kita susah untuk memikirkan perawatan rambut. Padahal kesehatan rambut itu sangat penting untuk diperhatikan. Wood mengatakan kesalahan terbesar kebanyakan orang adalah tidak melakukan perawatan rambut secara teratur terkhusus pada malam hari. Wood menyarankan untuk menjalani perawatan rambut pada malam hari, karena akan membantu pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan.

3. Gunakan vitamin sesudah keramas

Vitamin adalah suatu solusi yang biasa dipercaya hanya untuk menambah nutrisi pada rambut, sering kali di sepelekan. Tapi vitamin rambut tak bisa dilupakan begitu saja. Menurut Wood “saya pikir semua orang harus menggunakan vitamin rambut”. Fakta menurut penelitian vitamin dapat membuat rambut menjadi lembut. Dianjurkan menggunakan vitamin rambut 1 kali dalam sehari dan gunakan vitamin yang berkualitas.

4. Gunakan masker rambut

pexels-masker-rambut bio
Masker rambut (Sumber: Freepik)

Pilihan lain kamu bisa menggunakan Hair Mask atau masker rambut yang banyak beredar di pasaran, akan tetapi harus diketahui produk itu berkualitas. Bagaimana mengetahui produk itu baik di pakai atau tidak? Bisa dilihat dari ciri-cirinya yaitu sudah terdaftar Badan POM, sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI, dan merupakan produk original, karena banyak produk yang mirip atau menyerupai produk original padahal itu bajakan. Ada beberapa produk yang memiliki tracking kode untuk produk aslinya, jadi kamu bisa check melalui website dengan menggosok-gosokan kode lalu dimasukkan kode tersebut ke dalam website untuk tahu produk itu original.

Masker rambut untuk mengatasi masalah rambut rusak karena diwarnain yang mengandung minyak zaitun, madu, minyak kemiri, dan argan oil. Kandungan tersebut yang teruji ampuh dalam mengatasi masalah rambut akibat pewarnaan rambut. Dalam minyak zaitun mengandung banyak nutri yang baik untuk rambut. Cara penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu meratakan minyak zaitun pada kulit kepala dan setiap helai rambut, lalu pijat perlahan agar minyak zaitun dapat menyerap secara rata pada seluruh bagian rambut. Setelah itu cuci rambut menggunakan air bersih, gunakan langkah baik ini secara rutin untuk mendapatkan proses yang maksimal.

5. Minum air putih

pexels minum air putih web
Air minum (Sumber: Pexels)

Menurut sebagian orang tidak menyangka bahwa memperbanyak air putih juga dapat mengatasi masalah rambut akibat pewarnaan. Karena dengan mengkonsumsi air secukupnya dapat membantu rambut tetap sehat, membantu meningkatkan vitalitas alami kulit dan rambut. Pada akar rambut adalah bagian untuk menyerap air, jika mengalami kekurangan air menjadi kering dan tidak lembab, oleh karena itu meminum air putih sangat penting untuk kesehatan kita.

6. Tidur dengan sarung bantal sutra

Aktivitas tidur menjadi aktivitas yang dirindukan oleh para pekerja karena waktu mereka untuk istirahat terkadang menjadi terbatas. Selain memperhatikan penampilan ternyata aktivitas ini bisa mempengaruhi dan membantu mengatasi masalah rambut. Dengan menggunakan bahan sarung bantal yang nyaman seperti sutra itu bisa membuat dampak pada rambut kita. Beberapa pendapat menyatakan bahwa bahan sutra dapat membantu rambut terhindar dari kerusakan.

Menurut Wood “Sarung bantal sutra bisa menghemat biaya perawatan rambut anda” Wow sekali bukan? tunggu apalagi, kamu bisa lebih memperhatikan hal-hal kecil yang memiliki kontak langsung dengan rambut kamu.

7. Sikat dengan sisir yang tepat

shampoo conditioner web
Sisir dan alat perawatan lainnya (Sumber: Pexels)

Menggunakan sisir untuk menata rambut bisa menjadi suatu yang perlu diperhatikan, apalagi kalau rambut kamu lagi bermasalah akibat pewarnaan rambut. Kamu bisa memilik sisir untuk menata rambut yang bergigi jarang dan hanya sikat rambut anda setelah benar-benar sudah kering.

Berikut adalah cara mewarnai rambut yang baik dan benar. Jika mengalami kegagal atau mengalami rambut yang rusak akibat diwarnain, kamu juga mendapatkan informasi mengatasinya pada tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Tinggalkan komentar

© Copyright Website bioherbal.co.id | All rights reserved

id_ID