fbpx

Sejarah, Penyebab, dan Cara Menghilangkan Uban

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
uban rambut web
Rambut ber-uban (Sumber: Unsplash)

DAFTAR ISI

SEJARAH UBAN PERTAMA

Menurut sejarah menyatakan bahwa manusia pertama yang ber-uban adalah Nabi Ibrahim AS. Sewaktu melihat perbedaan pada warna rambutnya mulai memutih, beliau bertanya kepada Tuhan, “Wahai Tuhanku, apa ini?” Tuhan menjawab, “Ini (tanda) kewibawaan.

Zaman milenial yang serba teknologi, manusia selalu ingin selalu dipandang muda tidak ingin dibilang tua atau berumur. Padahal tua atau memiliki ciri rambut ber-uban adalah bukti bahwa orang tersebut memiliki tanda kewibawaan. Sebagian manusia sekarang berusaha menghilangkan uban karena membuat kebanyakan orang menjadi tidak percaya diri karena sudah dibilang manusia berumur.

PENYEBAB UBAN MUNCUL DI KEPALA

1. Usia

usia web
Usia (Sumber: Pexels)

Fakta yang sudah banyak orang ketahui bahwa semakin banyak umur maka berpeluang tinggi munculnya uban pada rambut manusia. Hal ini terjadi karena produksi melanin dalam tubuh berkurang sehingga munculnya uban yang disebabkan dari kerusakan sel rambut akibat penuaan manusia.

2. Genetik

Genetik dapat menyebab munculnya uban. Manusia yang rambutnya sudah memutih atau ubanan meski usianya masih muda, bisa jadi disebabkan oleh faktor genetik. Hal tersebut bisa dilihat dari orang tuanya juga pernah mengalami kondisi serupa saat masih muda. Oleh karena itu mungkin bisa terjadi kepada anaknya.

3. Kondisi kesehatan

Beberapa penyakit tertentu bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. Kondisi yang bisa membuat rambut memutih adalah vitiligo. Kondisi yang menyebabkan beberapa bagian rambut dan kulit mengalami kehilangan pigmen warna. Ada juga, gangguang lain seperti kelenjar pituitari atau kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. Akibat kekurangan vitamin B12 atau anemia pernisiosa dapat menimbulkan uban lebih dini. Sindrom Werner juga bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda.

4. Kebiasaan merokok

rokok web
Merokok (Sumber: Pexels)

Kegiatan merokok bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. Beberapa penelitian yang mengungkapkan hubungan antara merokok dengan tumbuhnya uban di usia kurang dari 30 tahun itu bisa terjadi. Kebiasaan ini juga bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit dan kekurangan aliran darah ke folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rontok atau mengalami perubahan warna biasa disebut dengan uban.

5. Pengobatan

kemotrapi web
Pengobatan kemotrapi (Sumber: Pexels)

Proses pengobatan seperti menjalani kemoterapi atau pengobatan malaria bisa mengalami rambut beruban. Karena kandungan obat yang digunakan dalam kemoterapi dan malaria dapat menghambat pembentukan melanin,  yang akan berpengaruh pada bagian rambut menjadi putih.

CARA MENGHILANGKAN UBAN

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12

vitamin e artikel bio herbal
Vitamin (Sumber: Freepik)

Kurangnya vitamin B12 seperti yang sudah dibahas dapat menimbulkan uban, karena vitamin B12 adalah nutrisi penting untuk hampir semua aspek Kesehatan, termasuk untuk Kesehatan rambut. Vitamin B12 berfungsi mempertahankan kulit kepala agar sehat dan mencegah rambut memutih. Makanan yang disarankan untuk memperoleh vitamin ini seperti konsumsi unggas, hati, susu, atau salmon.

2. Memilih shampoo dan perawatan yang memiliki kandungan vitamin B7

Vitamin B7 merupakan kandungan alami yang dapat mempertahankan warna hitam pada rambut. Oleh karena itu pemilihan shampoo dan produk perawatan rambut harus memperhatikan kandungan tersebut, agar nutrisi untuk rambutnya terpenuhi dengan baik. Selain itu kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B7 dengan mengkonsumsi makanan, seperti: Daging, hati, ragi, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang di dalamnya terdapat vitamin tersebut.

3. Menggunakan minyak untuk rambut

Minyak kemiri untuk rambut (Sumber: BMKS)

Melengkapi kebutuhan minyak adalah elemen penting dalam perawatan rambut. Jika produksi minyak dengan kadar yang tidak memadai, folikel rambut akan melemah dan menyebabkan memutihnya rambut.

4. Mengonsumsi wortel dan tomat

Penyebab uban adalah kurangnya melanin pada rambut sehingga menjadi putih. Salah satu cara untuk memenuhi kurangnya melanin bisa dengan mengkonsumsi wortel, ikan, tomat, susu, kuning telur, melon, dan buah beri.

5. Membatasi pewarnaan rambut karena dapat menimbulkan uban

Info terbaru nih karena pewarnaan rambut dapat membuat rambut menjadi rusak, ternyata ada bahan yang bisa dipakai dengan sehat loh. Kalian tahu Henna kan? Nah bahan ini cocok digunakan pada kulit dan sudah terkenal untuk membuat lukisan di tangan atau bagian tubuh, ternyata dapat dipakai untuk mewarnai rambut lho! Henna pada dasarnya adalah pewarna yang terbuat dari tumbuhan henna, termasuk bahan alami yang tentunya baik digunakan untuk rambut dan mempersempit peluang munculnya uban.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Tinggalkan komentar

© Copyright Website bioherbal.co.id | All rights reserved

id_ID